Minggu, 19 Oktober 2014

Taman Pintar Untuk Autisme (Down Syndrome)




A.   Autisme
Autisme atau Down Syndrome adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun.

Penyebab Autisme
  • Faktor Genetik : Ganguan pada perkembangan otak di masa prenatal (selama satu atau dua tahun awal kehidupan). Ini merupakan disfungsi yang terjadi pada maturasi neurobiologist dan fungsi sistem saraf pusat. 
  • Faktor Lingkungan : Ada dugaan disebabkan oleh vaksin MMR, yang rutin diberikan pada anak-anak di usia dimana gejala-gejala autisme mulai terlihat.
Penderita Autisme
  • kemungkinan dua anak kembar identik mengalami autisme adalah 60 - 95 %
  • kemungkinan untuk dua saudara kandung mengalami autisme hanyalah 2,5 - 8,5 %
Tanda-Tanda Fisik Autisme 
a. Wajah
b. Mata
c. Hidung
d. Telinga
e. Rambut 
f. Tangan & jari kaki pendek. 
    Ruas kedua jari kelingking miring atau bahkan tidak ada sama  sekali 
            g. Telapak tangan 
            h.  Kulit Kering 
            i.   Gigi

Penanganan Penderita Autisme
  1. Terapi Perilaku
  2. Terapi Wicara
  3. Terapi Biomedik
  4. Terapi Medikamentosa
  5. Terapi Khusus
  6. Terapi Okupasi
  7. Terapi Musik
  8. Terapi Ruhiyah
  9. Terapi Integrasi Sensoris
  10. Terapi Bermain
  11. Terapi Multimedia

B.     Membuat Aplikasi dengan Flash
  1. Membuat tampilan halaman utama pada scene 1dengan sambutan kalimat “Selamat Datang di Taman Pintar”. Lalu di sudut kanan bawah terdapat tombol Mulai untuk memulai penggunaan aplikasi.
  2. Pada scene 2 membuat beberapa menu yang terdiri dari bantuan, permainan, informasi dan menu keluar.

  3. Menu Bantuan berfungsi untuk memberikan petunjuk bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut. Baik pada penderita Down Syndrom secara langsung, orang tua ataupun orang yang berada di sisi penderita yang bertugas untuk mengarahkan.

  4. Di dalam menu Permainan terdapat dua jenis permainan yang berbeda, yaitu Puzzle dan Tebak Aku. Pada Puzzle terdapat tingkatan atau level yang isa dipilih sesuai keinginan, mulai dari mudah, sedang dan sulit. Sedangkan Tebak Aku terdapat dua pilihan yaitu Tebak Gambar dan Tebak Bentuk.
     


    Source Code
    mTampil = 1;
    Tampil();
    for (i=1; i<=13; i++) {
                    _root["terpasang"+i] = false;
    }
    selanjutnya.onRelease = function() {
                    if (mTampil<=12) {
                                    mTampil += 1;
                                    Tampil();
                    }
    };
    sebelumnya.onRelease = function() {
                    if (mTampil>1) {
                                    mTampil -= 1;
                                    Tampil();
                    }
    };
    function Tampil() {
                    for (i=1; i<=13; i++) {
                                    _root["m"+i].removeMovieClip();
                    }
                    if (mTampil == 1 && !terpasang1) {
                                    m1 = attachMovie("m1", "m1", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m1.xawal = m1._x;
                                    m1.yawal = m1._y;
                    }
                    m1.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m1.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target1) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang1 = true;
                                                    target1._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 2 && !terpasang2) {
                                    m2 = attachMovie("m2", "m2", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m2.xawal = m2._x;
                                    m2.yawal = m2._y;
                    }
                    m2.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m2.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target2) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang2 = true;
                                                    target2._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 3 && !terpasang3) {
                                    m3 = attachMovie("m3", "m3", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m3.xawal = m3._x;
                                    m3.yawal = m3._y;
                    }
                    m3.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m3.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target3) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang3 = true;
                                                    target3._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 4 && !terpasang4) {
                                    m4 = attachMovie("m4", "m4", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m4.xawal = m4._x;
                                    m4.yawal = m4._y;
                    }
                    m4.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m4.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target4) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang4 = true;
                                                    target4._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 5 && !terpasang5) {
                                    m5 = attachMovie("m5", "m5", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m5.xawal = m5._x;
                                    m5.yawal = m5._y;
                    }
                    m5.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m5.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target5) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang5 = true;
                                                    target5._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 6 && !terpasang6) {
                                    m6 = attachMovie("m6", "m6", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m6.xawal = m6._x;
                                    m6.yawal = m6._y;
                    }
                    m6.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m6.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target6) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang6 = true;
                                                    target6._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 7 && !terpasang7) {
                                    m7 = attachMovie("m7", "m7", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m7.xawal = m7._x;
                                    m7.yawal = m7._y;
                    }
                    m7.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m7.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target7) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang7 = true;
                                                    target7._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 8 && !terpasang8) {
                                    m8 = attachMovie("m8", "m8", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m8.xawal = m8._x;
                                    m8.yawal = m8._y;
                    }
                    m8.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m8.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target8) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang8 = true;
                                                    target8._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
                    if (mTampil == 9 && !terpasang9) {
                                    m9 = attachMovie("m9", "m9", _root.getNextHighestDepth(), {_x:slideshow._x, _y:slideshow._y});
                                    m9.xawal = m9._x;
                                    m9.yawal = m9._y;
                    }
                    m9.onPress = function() {
                                    this.startDrag();
                                    this.swapDepths(1);
                    };
                    m9.onRelease = function() {
                                    this.stopDrag();
                                    if (eval(this._droptarget) == target9) {
                                                    this._visible = false;
                                                    terpasang9 = true;
                                                    target9._alpha = 100;
                                    } else {
                                                    this._x = this.xawal;
                                                    this._y = this.yawal;
                                    }
                    };
    }
    onEnterFrame = function () {
                    partTxt = "Bagian "+partTampil;
    };


    Source Code
    stop();
    benar = 0;
    salah = 0;
    total_frame = 7;
    array_frame = [];
    for (i=2; i<=total_frame; i++) {
                array_frame.push(i);
    }
    array_frame.sort(function () {
                return random(2) ? 1 : -1;
    });
    jumlah_frame = array_frame.length;



    Source Code
    stop();
    benar_tampil = benar;
    salah_tampil = salah;

    Source Code
    stop();
    benar = 0;
    salah = 0;
    total_frame = 12;
    array_frame = [];
    for (i=2; i<=total_frame; i++) {
                array_frame.push(i);
    }
    array_frame.sort(function () {
                return random(2) ? 1 : -1;
    });
    jumlah_frame = array_frame.length;


    Source Code
    stop();
    benar_tampil = benar;
    salah_tampil = salah;


  5. Selanjutnya menu Informasi, menu ini berfungsi untuk memberikan informasi seputar Tujuan dibuatnya aplikasi serta Tentang siapa yang membuat aplikasi tersebut. 

  6. Menu yang terakhir yaitu Keluar, dimana pengguna dapat keluar dari aplikasi ini jika memilih tombol Ya dan Tidak bila tetap ingin menggunakan aplikasi ini.

Tidak ada komentar: